USAMAH BIN LADIN BUKAN IRAK

KE mana Timur Tengah berpihak setelah dua menara World Trade Center runtuh dan sebagian Pentagon hancur? Tak mudah menyimpulkan bahwa Timur Tengah akan memihak Amerika seperti ketika Perang Teluk awal 1990-an, setelah Irak menduduki Kuwait. Pernyataan pemerintah Mesir, misalnya, belum tentu mencerminkan kebulatan tekad seluruh negeri. Sejak Amerika mengumumkan perang terhadap teroris, imam di masjid-masjid Kairo selalu membaca doa Qunut dalam salat subuh\di Masjid Al-Azhar, misalnya.

Memang tak dengan sendirinya dengan dibacanya doa Qunut\doa orang Islam agar diberi jalan keluar ketika sedang tertimpa bencana besar\imam dan para jemaahnya mencela Amerika. Tapi dengarkan kata Mohammed Sayyed Thantawi, syeikh Al-Azhar, Kairo, yang sangat berpengaruh di dunia Islam. “Amerika selalu mendiskreditkan dunia Islam,” katanya.

Secara resmi, pemerintah negara-negara di Timur Tengah jelas mengutuk aksi teroris yang menyerang Amerika, tapi mereka hati-hati bersikap dalam mendukung seruan Presiden George Bush memerangi teroris. Mesir, misalnya. Presiden Hosni Mubarak mendukung Amerika menangkap Usamah bin Ladin, “Tapi Amerika harus menunjukkan bukti-bukti yang kuat.”

Pemerintah Arab Saudi, yang pekan lalu sudah memberikan isyarat negaranya bisa dijadikan pangkalan Amerika untuk operasi menumpas teroris, menyatakan sebaiknya perang melawan teroris ini dipimpin oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Bahkan di Kuwait, negara yang dibebaskan AS dari pendudukan Irak, muncul demonstrasi anti-Amerika bila negara superkuat ini menyerang Afganistan.

Harian Tehran Times, Iran, memperingatkan Amerika. Koran itu menulis: “Tewasnya korban di New York dan Washington sungguh mengerikan, menakutkan, dan ironis. Pembalasan yang akan mengorbankan orang-orang tak berdosa di sudut yang lain di dunia ini sama mengerikannya.”

Di Yordania, harian Al-Rai memasang judul berita utama begini: “Kami Akan Membantu Amerika Bila Amerika Membantu Kami.”

Para profesional di negara-negara Teluk, menurut survei harian Wall Street Journal, juga tak mendukung Amerika tanpa reserve. Mereka mengecam Amerika, yang selalu membela Israel, dan mempertanyakan pengeboman terhadap Irak yang menewaskan banyak orang sipil, termasuk anak-anak.

Bahkan Israel, negara yang selalu dibela Amerika dalam konfliknya dengan negara-negara Arab, terutama dengan Palestina, mencemaskan bilamana ancaman Bush terhadap Afganistan menjadi aksi gempuran\dengan alasan berbeda. Pol pendapat Yediot Ahronot menyimpulkan, enam dari sepuluh orang Israel takut diserang Iran atau Irak bila Amerika benar-benar melakukan pembalasan.

Perang melawan teroris yang diserukan Amerika secara tak langsung membuat Timur Tengah menjadi penting. Secara politik, dukungan negara-negara Timur Tengah akan menghapus citra bahwa Amerika sedang memerangi umat Islam. Secara teknis militer, Amerika memerlukan pangkalan militer.

Memang, memerangi Irak dan Usamah bin Ladin adalah sesuatu yang berbeda. Sejauh ini bukti kuat bahwa Usamah berada di belakang tragedi 11 September belum ada. Seandainya sudah ada pun, adakah perang melawan Bin Ladin, yang sebenarnya stateless ini, bisa diterima bila ada sebuah negara dan bangsa ikut menjadi korbannya, betapapun negara dan bangsa itu dituduh melindungi Usamah? Tidakkah tuduhan itu harus dikuatkan oleh sebuah mahkamah internasional? Itukah yang dikatakan pemimpin Taliban: tak akan menyerahkan Usamah ke pengadilan Amerika, melainkan ke pengadilan internasional di sebuah negara netral, andai bukti tuduhan itu sudah ada?

Di Prancis, seseorang menelepon Radio France Internationale. Katanya, “Apa istimewanya sejumlah orang Amerika mati? Jutaan orang juga mati di Afrika.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: