Jawara dari Ranah Minang

BUKAN cuma restoran padang yang datang dari Ranah Minang. Dari sana saat ini muncul seorang ikon baru di ranah maya. Dia bernama Ferry Halim. Lelaki berumur 28 tahun ini bukanlah ahli membuat rendang balado, tapi seorang pembuat situs web (web designer) terkemuka.

Nama Ferry meroket sejak Juni 2003. Situs game karyanya, orisinal.com, mendapat Webby Award. Orisinal.com berhasil mengalahkan ratusan unggulan dan terpilih sebagai pemenang untuk kategori situs game. Ini bukanlah penghargaan sembarangan. Dalam dunia desain web, Webby Award adalah penghargaan tertinggi yang sangat kredibel. Tim penilainya terdiri atas 420 pakar dari pelbagai profesi, mulai dari pendiri Oracle Larry Ellison, CEO Real Network Rob Glaser, Chairman Miramax Talk Media Tina Brown, sutradara film Francis Ford Coppola, hingga musikus kondang David Bowie. Dari kalangan wartawan, tim juri didukung oleh ahli web dari The New York Times, Forbes, Wired, dan The Los Angeles Times. “Ini kemenangan tak terduga, saya senang sekali,” ujar Ferry kepada TEMPO.

Orisinal.com memang situs game yang unik. Ferry sengaja membuatnya menjadi kumpulan pelbagai game yang menarik, seperti The Runaway Train, Rainmaker, dan Firedragon. Secara visual, warna-warna pastel memberi kesan lembut pada situs orisinal.com.

Di kalangan desainer web, Webby Award adalah sebuah impian besar. Institusi yang mulai berdiri pada 1997 ini mencoba mengapresiasi karya perancang web dari seluruh dunia. Tak ada batasan politik, ekonomi, atau rasial. Agar memudahkan penilaian, tim juri membagi kategori web sesuai dengan jenisnya. Ada web kategori film, keuangan, berita, pemerintahan, dan (tentu saja) situs web game.

Kemenangan selalu memiliki sejarah panjang. Begitu pula halnya dengan Ferry. Dia mengenal dunia computer game sejak masih SD. Lewat komputer “jangkrik” ZX Spectrum milik tetangga, Ferry mulai tergila-gila pada pelbagai game seperti Atari dan Nintendo. Hingga kini, ujar Ferry, “Saya masih menyukai game-game kuno tersebut.”

Dari sekadar hobi, Ferry kemudian mulai serius dengan dunia komputer dan desain web. Mulanya, ia hanya membuat web pribadi yang berisi foto-foto keluarga dan alamat e-mail teman-temannya. Pada 1997, dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver dan Flash, Ferry mulai merancang beberapa situs game. Yang paling mengesankan, ya, orisinal.com itu\ yang akhirnya melambungkan namanya di ranah maya.

Bersama sang istri, Silvia Suarly (juga berasal dari Padang), Ferry kini menetap di California, Amerika Serikat. Sehari-hari Ferry berkutat dengan game komputer. Sesekali Ferry pulang kampung untuk menengok kedua orang tuanya di Padang. Kelak, “Saya ingin mendirikan multimedia agency di Tanah Air,” ujar Ferry, yang mengaku akan tetap menyandang status WNI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: