Kado yang Belum Jadi

PADA 6 Maret, “Good Morning America” ABC menayangkan kisah Dimitri Bonnville, remaja Michigan yang tetap hidup setelah jantungnya ditembus paku sepanjang 7,62 sentimeter dan pada hari berikutnya mengalami serangan jantung.

Remaja 16 tahun itu awalnya perlu mesin jantung. Tapi, setelah dokter menyuntikkan sel induk ke jantung Dimitri, kondisinya membaik. Dalam lima hari, kapasitas kerja jantungnya meningkat dari 25 persen menjadi 35 persen. Perlu dua bulan lagi untuk mengetahui keefektifan terapi itu, tapi dokternya optimistis.

Itu bukan cuma jantung, karena sel bibit dapat menjadi seluruhsemuanya 220 jenissel yang menyusun tubuh. Jadi, khayalkan sebuah dunia: orang menyembuhkan kerusakan hati atau organ apa pun dengan pergi ke bank sel induk, memesan pengganti secukupnya, dan kembali beberapa hari kemudian untuk mengambil pesanan.

***

DARI SEL INDUK KE RANJANG PASIEN

Sel telur yang dibuahi sperma atau hasil kloning.

EMBRIO 5-7 HARI (BLASTOSIT)
* Sel bibit embrionik
Dipanen pada hari ke-5-7. Sel-sel bibit ini bersifat pluripoten, dapat dikembangkan menjadi setiap sel tubuh.

EMBRIO 5-10 PEKAN
* Sel kecambah
Didulang ketika janin berumur 5-10 pekan. Sel-sel induk ini bersifat multipoten, memiliki keterbatasan untuk tumbuh menjadi tipe sel yang berbeda.

KELAHIRAN
* Darah tali pusat
Sel-sel darah yang berasal dari tali pusat saat kelahiran pada umur kehamilan 40-an pekan juga mengandung sel-sel induk. Sel induk ini bersifat multipoten.

DEWASA
* Sel dewasa
Sel induk juga bisa ditambang dari tubuh dewasa. Sumbernya sumsum tulang, jaringan penghasil sel lainnya, danbelum lama ini ditemukanpada gigi bayi. Sel ini bersifat multipoten.

1. Mengumpulkan sel induk. Sel induk dikumpulkan dari empat htitik pengambilanh. Saat pengambilan menentukan potensinya: apakah sel bersifat pluripoten atau hanya multipoten.

2. Membiakkan sel induk. Sel induk dapat diperbanyak tanpa mengubah potensinya atau menjadi berdiferensiasi. Sel ini ditempatkan dalam cawan-cawan biakan dan disimpan dalam inkubator agar tetap hangat.

Biakan terdiri dari tiga lapis:
– Sel-sel induk
– Makanan untuk sel induk, terdiri dari senyawa-senyawa gula, asam-asam amino, dan nutrisi lainnya. Lapisan ini juga berisi hormon dan senyawa kimia lainnya untuk mengontrol pertumbuhan sel.
– Lapisan makanan, dibuat dari sel hewan tingkat tinggi, dan berfungsi sebagai pemroses sari makanan di dasar cawan.

3. Memelihara sel. Sel induk manusia sanggup hidup cukup panjang. Yang terlama sekitar dua tahun. Sel induk juga subur. Jumlah sel menjadi berlipat dua sebanyak 450 kali.

Sel induk baru akan memperbanyak diri selama pemeliharaan. Jika sel induk sudah memenuhi sebuah cawan, sel dipindah ke cawan biakan baru.

Memanen biakan. Pada saat ini pemanfaatan sel induk untuk terapi medis belum banyak, sebagian besar masih dalam tahap uji coba. Tapi sel induk memiliki potensi untuk memperbaiki fungsi atau mengganti sel, jaringan, atau organ yang rusak. Sel induk yang ditumbuhkan menjadi sel dengan tipe spesifik juga merupakan target uji coba obat dan racun yang efektiflebih akurat, aman, dan murah dibanding hewan percobaan. Bagaimanapun, para peneliti telah lama tahu, respons hewan terhadap sebuah obatseperti juga racunbisa berbeda dengan respons tubuh manusia.

+++

CARA SEL INDUK MEMPERBAIKI JANTUNG

Untuk memperbaiki otot jantung yang cedera, sel induk disuntikkan langsung pada otot yang rusak. Untuk memperbaiki pembuluh darah jantung, suntikkan sel induk ke pembuluh darah di tubuh bagian mana pun. hMelalui mekanisme yang belum dipahami, sel induk memiliki kemampuan navigasi untuk menemukan target terapi,h kata Sangkot Marjuki, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

-> Sel Induk
-> Otot dan pembuluh darah yang rusak
-> Sel induk memacu pembentukan pembuluh darah baru pada wilayah otot jantung yang rusak.
-> sel induk
-> sel induk memperbaharui otot jantung yang rusak
-> Otot jantung yang rusak

APA YANG DAPAT DISEDIAKAN SEL INDUK?

Penemu DNA, James Watson, mengatakan sel induk bahkan dapat dipakai memperbaiki kecerdasan. Tapi itu masih “jauh”. Inilah yang telah tersedia atau sedang dalam uji coba:
– Pembuluh dan otot untuk jantung yang rusak
– Jaringan otak untuk terapi penyakit parkinson, multiple sclerosis, alzheimer
– Kornea untuk mata
– Jaringan kulit untuk luka bakar
– Sel sumsum tulang untuk pasien leukemia, anemia, dan penyakit imunodefisiensi
– Sel saraf untuk mengobati kelumpuhan
– Sel pankreas untuk diabetes
– Sel ginjal untuk penyakit gagal ginjal
– Otot pengontrol kandung kemih
– Tulang rawan untuk kerusakan sendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: