Memantau Tubuh dari ’Chip’

LEWAT telepon genggamnya, dua pekan lalu Terry Crowson menerima pesan dari Applied Digital Solutions Inc., sebuah emergency call: hSelamat siang. Gula darah Anda meningkat. Anda harus segera ke rumah sakit terdekat.h Rupanya, pria 47 tahun yang sudah menderita diabetes melitus (kencing manis) akut selama separuh usianya ini teledor menyuplai hormon insulin ke tubuh rentannya. Bekerja sebagai akuntan publik, Crowson tengah sibuk mengaudit sebuah perusahaan yang akan melego saham di lantai bursa Nasdaq, Amerika Serikat.

Untunglah, berkat teknologi pemantauan kesehatan dari Applied Digital, kondisi kesehatan Crowson dapat tertolong. Itu semua merupakan buah dari VeriChip, microchip mungil yang ditanam di bawah kulit pelanggan Applied Digital. Sebuah teknologi teranyar yang mampu mendeteksi pelbagai gangguan kesehatan dari jarak jauh.

VeriChip memang hebat. Microchip yang berukuran sebesar biji padi itu dapat menjadi pemantau kondisi kesehatan seorang pelanggan. Pelbagai indikator kesehatan yang penting, seperti tekanan darah, kadar gula darah (glukosa), kesehatan jantung, hingga ancaman stroke terhadap pelanggan, dapat terlihat dari pusat pemantauan. Pemantauan dilakukan ketat selama 24 jam tanpa henti. hSoal kesehatan, kami bahkan lebih tahu daripada pelanggan sendiri,h ujar Scott R. Silverman, CEO Applied Digital.

Saat ini, VeriChip telah beredar di Amerika Serikat dan Meksiko. Untuk menjadi pelanggan, seseorang hanya perlu merogoh kocek sebesar US$ 1.250 (lebih dari Rp 10 juta pada kurs US$ 1 = Rp 8.300) plus uang langganan yang cuma US$ 50 per tahun. Sebuah harga yang murah untuk layanan kesehatan yang canggih.

Untuk menanamkan VeriChip, pelanggan tak perlu membuang waktu yang lama. Dalam uji coba di depan publik, Carlos Altamirano, seorang warga Kota Meksiko, hanya menghabiskan waktu 25 menit untuk menanam VeriChip di lengan kanannya. hOperasi kecil ini tak menimbulkan rasa sakit,h ujar Altamirano.

Tak mengherankan, dengan harga yang hbersahabath dan proses yang sederhana itu, Applied Digital langsung menerobos pasar. Di Amerika Serikat saja, hanya dalam tempo enam bulan sudah ada 75 ribu pelanggan VeriChip. Sedangkan di Meksiko, VeriChip baru dijual di pasar bebas pekan lalu. Pihak Applied Digital memperkirakan akan menjual 10 ribu keping VeriChip di Meksiko dalam tempo setahun. Rusia dan Venezuela adalah negeri yang dalam waktu dekat juga akan memanfaatkan teknologi canggih ini.

Pada prinsipnya, cara kerja VeriChip terbilang sederhana. Microchip di dalam tubuh pelanggan akan mengukur dan mencatat pelbagai indikator kesehatan. Meski berukuran kecil, VeriChip memiliki prosesor yang mampu menggantikan peralatan kesehatan standar. Setelah itu, VeriChip akan mengubah fungsinya menjadi transmitter (pemancar) yang akan mengirim informasi ke pusat pemantauan.

Belakangan, VeriChip tak hanya dimanfaatkan sebagai alat monitor kondisi kesehatan. Sebagai pemantau posisi, VeriChip akan menjadi alat yang ampuh untuk menangkal maraknya aksi penculikan. Maklumlah, penculikan merupakan aksi kejahatan yang kerap menjadi headline pelbagai surat kabar di kawasan Amerika Latin. Hal ini dapat dilakukan karena pusat data VeriChip dilengkapi dengan teknologi global positioning system (GPS), teknologi lama yang digunakan untuk memantau posisi sebuah obyek. Dengan bantuan sebuah peta digital yang memiliki akurasi 1 : 100, posisi seorang pelanggan VeriChip akan selalu terpantau di layar monitor komputer di pusat kontrol. Hanya, beberapa pelanggan di Amerika Serikat tak mengaktifkan fitur itu agar kepentingan privasinya tak terganggu.

Kini, Applied Digital mencoba mengembangkan VeriChip untuk kepentingan identifikasi. Perusahaan yang ingin menjaga keamanan perusahaannya, misalnya, kelak tak perlu repot-repot mendeteksi karyawannya. Bila hendak melewati pintu tertentu, VeriChip akan menjadi hkunci pembukah bagi pemakainya. Sebuah dunia digital yang aman, praktis, sekaligus penuh harapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: